Oleh: ahmad rusdi | Juli 17, 2009

Bila Lupa Baca Bismillah

Orang yang makan atau minum tidak menyebut atau mengucapkan “Bismillahirrahahmanirrohim.” maka syaitan pun ikut makan bersamanya. Namun apabila dia terlupa menyebutnya dan baru teringat ketika hampir selesai, maka hendaklah dia menyebutkan “Bismillahi min awwalihi wa akhirihi,” maka syaitan yang tadi ikut makan bersamanya akan memuntahkan apa yang sudah masuk ke dalam perutnya.

MUSIBAH DUNIA DAN AKHIRAT
Musibah sebenarnya ada dua macam. Musibah dalam masalah dunia dan musibah dalam masalah akhirat. Yang disebut musibah dunia seperti harta, kemelaratan, penyakit, kematian, gagal panen, kerugian dalam perdagangan dan sebagainya. Sementara musibah dalam masalah akhrat yaitu orang yang tidak mempunyai amal saleh sepanjang hidupnya.

ADAB MINUM MENGIKUTI SUNNAH
Baginda Nabi Muhammad saw. melarang kita minum dengan sekali tegukan atau dengan sekali napas. Baginda mengajar kita minum dengan tiga kali tegukan disertai membaca Bismillah. Dari Anas ra. dia berkata, “Rasulullah saw biasa bernafas tiga kali dalam satu kali minum. Sayyidina Abbas ra. juga menyebutkan, “Baginda Rasulullah saw. bersabda: “Janganlah kalian minum dengan satu nafas seperti minumnya keledai, tetapi minumlah dua-tiga kali, dan bacalah Bismillah jika kalian hendak minum, dan alhamdullah jika telah selesai melakukannya.” (HR. Tarmizi).

LOKASI TEMBOK YANG DIBINA OLEH ZULQARNAIN
Di dalam Al Qur’an ada dikisahkan tembok atau bendungan yang dibangun oleh Zulqarnain. Di dalam kitab Tafsir Jami’ Al Bayan oleh Imam Ibnu Jarir Ath Thabari yang merupakan ulama para musafir, menyebutkan bahwa lokasi tempat dibangunnya tembok atau bendungan oleh Zulqarnain itu ialah antara dua gunung, dan kedua gunung itu dikatakan terletak di Armenia dan Azarbaizan. Wallahua’lam.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: